Press Release : Mahasiswa KPI UIN Ar-Raniry Study Observasi di Serambi Indonesia

 19 Mei 2017.

Jln. Lingkar Kampus, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Komplek UIN Ar-Raniry, Banda Aceh-Indonesia.

Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Mengadakan Observasi di Gedung Harian Serambi Indonesia yang terletak di Pagar Air, Aceh Besar. Kunjungan dilaksanakan sekitar pukul 09:00 Wib.

Observasi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam disambut langsung oleh Sekretaris Redaksi Harian Serambi yaitu, Bukhari M. Ali. Observasi di ikuti 40 Mahasiswa dari jurusan KPI.

Setelah semua berkumpul, acara dimulai dengan diskusi yang dibuka oleh Taufik, SE,.Ak. M. Ed selaku dosen pembimbing mata kuliah Teknologi Komunikasi (TK). Kemudian dilanjutkan oleh Bukhari M. Ali, ia menjelaskan secara garis besar program kerja dan progress report Harian Serambi Indonesia.

Acara semakin seru dan menarik ketika masuk ke sesi sharing-sharing. Beberapa dari mahasiswa ikut berperan aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan yang ada.  

Beberapa pertanyaan dan tanggapan yang ada ketika sesi sharing-sharing :

Q : Bagaimana cara recruitmen wartawan di Serambi?
A : Sistem perekrutan terbuka bagi siapa saja, tidak memandang dari jurusan apa. Belum menikah dan harus siap terjun dilapangan kapan dibutuhkan

Q : Mengenai waktu kerja itu ditentukan atau bagaimana ?
A : Mengenai jam kerja, sebenarnya jam kerja bagi wartawan 24 jam. Tapi jam resminya ada masuk jam 09:00 wib sampai sore. Para karyawan juga harus mengisi absen sidik jari untuk menandakan mereka hadir.

Q : Apa yang membedakan Serambi Indonesia dengan media lain?
A : Serambi adalah surat kabar umum, artinya tidak fokus pada satu peristiwa. Misalnya sedang musim pilkada. Maka kita fokus ke sana, atau ada peristiwa penting lainnya. Selain itu Serambi juga punya Prohaba, tahayul masuk disitu. Tetapi kalau berita yang dianggap serius masuk ke Serambi.

Acara diskusi tersebut berlangsung di News Room kantor Harian Serambi Indonesia. Setelah selesai diskusi, peserta diajak mengunjungi beberapa Studio yang terdapat di gedung Harian Serambi, diantaranya Studio Radio Serambi FM (Studio Rekaman, Produksi dan Talkshow), Studio Kompas TV. Selain itu mahasiswa juga diajak masuk ke ruang produksi Koran Harian Serambi Indonesia.

Observasi yang berlangsung lebih kurang selama 4 jam ini betujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa di bidang Jurnalistik dan berharap kedepan bisa menjadi generasi jusnalist yang handal dan terpercaya.

More Information :

Instagram : @dhiya-urahman

Berikut beberapa dokumentasi yang berhasil diabadikan :

Foto : Loby Serambi Indonesia

Foto : Ruang Produksi Koran

Foto : Depan Ruang News Room

Foto : Ruang Produksi TV

Share on Google Plus

About Dhiya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment