Foto : Penyiar dan Peserta di salah satu acara yang diadakan oleh radio DjatiFM | Location Jala Cafe |
SAYA yakin kita semua pasti mempunyai dan pernah terlibat dalam
sebuah komunitas. Apalagi bagi anda yang sedang belajar baik di SMP/SMA/Mahasiswa atau dalam instasi lainnya, komunitas itu ada karena komunitas berasal dari sekumpulan
orang yang merasa adanya kesamaan dan identitas kegiatan, hobi, visi, dan
kepentingan yang sama.
Kesempatan inilah yang di ambil oleh beberapa pecinta suatu barang atau benda, misalnya saja Vesva. Di kota kita Banda Aceh sudah lama ada komunitas ini, kemudian jika kita lihat dari segi sosialnya, banyak juga komunitas yang dibentuk untuk kegiatan-kegiatan sosial. Misalnya Palahng Merah Indonesia (PMI), Peduli Duafa, BFLF dan lain sebagainya.
Tetapi, kalau ditanya bagaimana caranya membuat trik jitu membangun suatu komunitas. trik jitu sangatlah penting bagi
kelangsungan hidup dan keutuhan dari suatu komunitas. ada beberapa yang bisa kita terapkan untuk membangun suatu komunitas adalah:
Membuat Nama Komunitas yang Mencerminkan Identitas Komunitas Kita
Tentukanlah dan buatlah nama komunitas kita yang mudah diingat,
mudah disingkat dan menarik. Karena nama sebuah komunitas akan mencerminkan
identitas pengemar dan anggota dari komunitas itu sendiri. Misalnya kita ingin
membuat komunitas mobil ataupun motor yang berwarna hitam dan di tempeli
sticker Djarum Black maka komunitas ini layak kalau kita namakan dengan Black
Car Community ataupun Black Motor Community.
Menurut saya nama sebuah Komunitas sangatlah penting untuk
mengingat dan mengenalkan sebuah Komunitas agar dikenal oleh khalayak ramai
ataupun mencirikan kekhasan dari komunitas tersebut.
Membuat Perbedaan pada Komunitas Kita
Maksudnya, dengan adanya perbedaan yang mencolok dan menarik dari
sebuah komunitas maka memungkinkan banyak khalayak yang ingin bergabung menjadi
bagian dari komunitas kita. Dengan memiliki Perbedaan, memungkinkan komunitas
kita memiliki ciri khas dan identitas yang berbeda dari komunitas yang sama
dengan komunitas kita.
Contoh :
Komunitas penggemar motor segala merk berwarna hitam, kita ambil
contoh adalah BMCI (Black Motor Community Indonesia).
Perbedaan yang ditonjolkan dari komunitas ini adalah
• Memiliki banyak chapter (wilayah) penggemar komunitas yang
tersebar di seluruh Indonesia.
• Memiliki banyak event chapter (wilayah) dan event pusat.
• Memiliki situs, mailing list dan forum diskusi internet yang
terkait dengan komunitas ini.
• Anggota komunitas ini diberikan pelatihan tata cara berkendara
yang baik dan nyaman (safety ridding) dari SRO (safety ridding officer)
komunitas ini. Sehingga komunitas ini memiliki nilai lebih dari komunitas
sejenisnya.
• Disetiap motor anggotanya diwajibkan memasang sticker Djarum
Black, sebagai media iklan perusahaan penyokong dana aktivitasnya.
Membuat Situs Komunitas (website)
Situs (website) ini sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk
memberikan citra/image positif terhadap komunitas yang kita bangun. Karena
dengan website komunitas yang kita miliki kita dapat memberikan citra/image
yang positif kepada khalayak ramai, anggota komunitas kita, dan komunitas yang
sama dengan memberikan informasi, berita, dan hal-hal yang berhubungan dengan
komunitas kita. Sehingga komunitas kita tidak dipandang sebelah mata oleh pihak
eksternal komunitas. Situs (website) digunakan oleh komunitas sebagai:
• Sarana promosi komunitas
• Sarana informasi event dan berita komunitas
• Sarana publikasi event yang diadakan komunitas kita
• Sarana diskusi komunitas
• Sarana memberikan informasi tentang artikel yang berhubungan
dengan kesamaan dan identitas komunitas kita (tips, berita, informasi)
Membuat Mailing List dan Forum Diskusi Komunitas
Mailing list adalah Layanan pesan para anggota suatu komunitas
tertentu yang mendaftar kelompoknya di salah satu provider jasa email, dimana setiap
anggotanya mengirim pesan maka akan terkirim ke seluruh anggota lainnya.
Strategi ini telah dibuktikan kesuksesannya oleh beberapa komunitas
di Indonesia. Dalam hal ini, saya akan mencontohkan kedua komunitas motor
terbesar yang ada di Indonesia yaitu Thunder 125 Community Indonesia (TCI) dan
Honda Tiger Mailing List (HTML), bayangkan saja hanya dalam kurun waktu 4 tahun
kedua anggota penggemar komunitas ini telah mencapai ribuan anggota
penggemarnya.
Selain mailing list, suatu komunitas juga diharapkan memiliki Forum
diskusi yang berisi tentang forum jual beli, forum kopdar, forum Tanya jawab,
dan forum yang mendukung untuk kemajuan komunitas kita.
Gabung di Situs Pertemanan
Buatlah sebuah account tentang komunitas kita di situs pertemanan
seperti : friendster, facebook, myspace, hi5, dan situs pertemanan/sosial
lainnya. Dengan kita membuat sebuah account di situs pertemanan, memungkinkan
anggota komunitas kita merasa memiliki komunitasnya dan memberikan rasa
keakraban dan kesolidan dari komunitas.
Keuntungan dari komunitas kita gabung di situs pertemanan adalah
mempermudah hubungan (relationship) komunitas kita dengan komunitas lainnya
yang sama maupun berbeda; sebagai sarana pendukung informasi komunitas terhadap
anggota dan komunitas lainnya.
Kita dapat gabung di situs pertemanan dengan berbagai cara, yaitu
dengan membuat account group ataupun account personal di situs pertemanan dan
dengan membuat aplikasi yang telah disediakan oleh masing-masing situs
pertemanan.
Membuat Agenda Kumpul Rutin Komunitas (kopdar)
Agar komunitas kita solid dan tercipta keakraban antar anggotanya,
maka perlu adanya suatu kumpul rutin komunitas. Kumpul rutin ini dapat
dilakukan tergantung ketetapan dari anggota komunitas itu sendiri. Bisa
dilakukan setiap 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, 1 bulan sekali ataupun 1
minggu 2 kali. Semakin sering diadakan kumpul rutin, semakin solid dan akrab
antar anggota.
Membuat Acara yang berhubungan dengan Komunitas
Buatlah berbagai acara yang berhubungan dengan komunitas kita,
seperti seminar, kompetisi, family gathering, perayaan ulang tahun komunitas,
dan kegiatan hiburan.
Dengan banyaknya agenda kegiatan suatu komunitas, maka semakin
tinggi pula tingkat popularitas yang dimiliki oleh komunitas dan semakin solid
dan akrab keberadaan komunitas tersebut.
Dalam mencari dana kegiatan gunakan dana dari sponsorship, anggota,
dan peserta dalam menjalankan berbagai acara, karena biasanya komunitas
bersifat non-profit.
Namun berbanggalah jika kalian gabung di komunitas yang disponsori
oleh perusahaan, sebagai contoh adalah Djarum Black yang memiliki beberapa
komunitas yang dinaungi dan disponsorinya. Karena komunitas ini setiap ada
event pastilah sangat menguntungkan bagi para anggota komunitasnya.
Membuat acara yang bersifat sosial dan mendukung program pemerintah
Buatlah acara yang bersifat sosial, seperti kegiatan bakti sosial,
penggalangan bantuan dana, dan membersihkan daerah sekitar tempat kumpul
komunitas kita.
Acara yang bersifat mendukung program kebijakan pemerintah, kita
andaikan komunitas kita adalah komunitas motor. Kegiatan yang mendukung program
kebijakan pemerintah adalah kampanye safety riding (berkendara yang baik dan
nyaman), kampanye mengurangi gas emisi, kampanye penghijauan (menanam pohon),
kampanye menyalakan lampu depan pada siang hari, dan kampanye menggunakan helm
standar.
Dengan keikutsertaan komunitas kita dalam acara yang bersifat
sosial dan mendukung kebijakan pemerintah, berarti komunitas kita memberikan
nilai dan citra positif terhadap masyarakat dan bagi komunitas sejenis.
Dokumentasikan dan Publikasikan setiap kegiatan Komunitas
Strategi ini merupakan strategi lanjutan/tindak lanjut dari
strategi dalam membuat acara yang dibuat komunitas. Dalam strategi ini kita
dituntut untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan suatu kegiatan komunitas
mulai dari tahap persiapan dan pengenalan suatu acara, tahap pelaksanaan suatu
acara hingga tahap selesai acara. Kegiatan yang harus dilakukan dalam strategi
ini adalah memberikan informasi kepada anggota dan pihak eksternal komunitas
dengan cara mendokumentasikan acara (foto,video) dan memberikan publikasi
kepada anggota dan pihak ekternal komunitas yang dapat diberikan berupa berita
yang dipublikasikan melalui media elektronik, media cetak, dan media internet.
Keuntungan yang didapat dari strategi ini adalah Pertama, dengan
kita mendokumentasikan dan mempublikasikan suatu acara komunitas kita, maka
kita dapat memberikan citra/image kepada masyarakat dan pemerintah tentang apa
yang dihasilkan dari suatu acara tersebut.
Kedua, dengan memberikan strategi ini kepada anggota komunitas
dapat membuat anggota komunitas kita merasa bangga atas keberadaan mereka di
komunitasnya.
Mencari Komunitas yang sama dengan Komunitas Kita
Bagaimana caranya kita dapat mengetahui komunitas yang sama dengan
komunitas kita? Ini merupakan pertanyaan yang harus dicermati oleh setiap
komunitas. Pertama, kita dapat mencari di search engine (mesin pencari) yahoo
ataupun google. Kedua, dengan mengikuti dan keterlibatan komunitas kita dalam
kompetisi yang berhubungan dengan komunitas. Ketiga, sering berkunjung dan
bersilaturahmi dengan komunitas yang sama.
Dengan mencari komunitas yang sama dengan kita, berarti kita dapat
mengetahui kekurangan dan kelebihan komunitas kita. Sehingga kita dapat
memperbaiki dan mempertahankan ciri khas dari identitas komunitas kita.
Adakan kumpul bareng dengan Komunitas yang sama
Strategi ini merupakan strategi dalam mengembangkan hubungan antara
komunitas, dengan strategi ini memungkinkan adanya keakraban dan meninggalkan
rasa persaingan antara komunitas yang sama.
Contoh:
• Komunitas penggemar motor Suzuki Thunder 125 antara Thunder
Community Indonesia (TCI) dengan Komunitas Suzuki Thunder 125 (KOSTER), karena
kedua komunitas ini sering berkumpul bareng maka jika mereka bertemu di jalan
raya mereka akan membunyikan klakson sebagai tanda persahabatan.
• Komunitas penggemar ikan hias antara komunitas A dan B, karena
mereka sering berkumpul bareng dan bertukar pikiran tentang informasi ikan hias
maka dalam berkompetisi mereka bersaing secara sehat setelah selesai
berkompetisi mereka seperti sahabat lagi.
Membuat Merchandise Komunitas
Strategi ini merupakan strategi dalam mempromosikan komunitas
kepada pihak ekternal komunitas atas keberadaan komunitas kita. Bentuk dalam
strategi ini dapat berupa stiker, pin, kaos, topi, jaket, dan merchandise
lainnya yang dapat diberikan sebagai ajang promosi komunitas kita.
Menurut saya, kalau Anda mau mengikuti 12 langkah yang saya
berikan. Saya yakin Kemungkinan besar komunitas yang Anda bina akan terkenal
dan banyak para anggotanya.
Hal ini sudah terbukti oleh beberapa komunitas besar yang ada di
Indonesia, yang awalnya komunitas mereka hanya memiliki belasan orang namun
dalam beberapa tahun komunitas tersebut sekarang ini telah menjadi besar dan
tersebar chapter komunitasnya.
Ayo siapa lagi kalau bukan kita yang mengubah laju perubahan
komunitas kita, jadikan potensi yang ada di diri kita untuk perubahan kelompok
/ komunitas kita. Ingatlah kawan perubahan ada di tangan-tangan anda yang
berjiwa kreatif.
0 comments:
Post a Comment