Penulisan Artikel dan Esai




PENULISAN ARTIKEL & ESAI

    A.    ARTIKEL ( DU )
Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kontroversial dengan tujuan untuk memberitahu (informasi), mempengaruhi dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menhibur khalayak pembaca (rekreaif). Disebut lepas karena siapapun pembaca dapat menulis artikel dengan topik bebas sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.
Secara umum artikel dapat dibedakan menurut jenis serta tingkat kesulitan yang dihadapinya, antara lain: artikel praktis, artikel ringan, artikel halaman opini dan artikel analisis ahliartikel spesial.
a.       Artikel praktis
Artikel praktis lebih banyak bersifat petunjuk praktis cara melakukan sesuatu (how to do it), misalnya petunjuk cara membuka internet, cara praktis merawat tanaman bonsai, sepuluh langkah membuat kue tart, kiat ramping dan cantik dalam 15 hari, atau cara cepat menguasai rumus dan hitungan matematika.
Artikel praktis lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan dari pada masalah pengamatan dan pengembangan pengetahuan serta analisis peristiwa. Artikel praktis biasanya ditulis dengan menggunakan pola kronologis. Artinya pesan disusun berdasarkan urutan waktu atau tahapan pekerjaan.
b.      Artikel ringan
Artikel ringan sering ditemukan pada rubrik anak-anak, remaja, wanita, keluarga. Artikel jenis ini lebih banyak mengangkat topik bahasan yang ringan dengan cara penyajian yang ringan pula, dalam arti tidak menguras pikiran kita. Untuk menerima atau mencernanya, kita sebagai pembaca tidak memerlukan persiapan dan perhatian secara khusus.
Artikel ringan tak ubahnya makanan mie siap saji atau permen karet yang bisa dikunyah kapan dan dimana saja. Topik bahasan seperti kiat sukses belajar di perguruan tinggi, sepuluh ciri wanita setia, atau sembilan kelemahan pria di mata wanita, termasuk kedalam kategori artikel ringan. Siapapun yang membacanya tidak perlu mengerutkan dahi, berfikir lebih keras, menganalisis lebih tajam atau menggugatnya secara akademis. Artikel ringan dikemas dengan gaya paduan informasi dan hiburan.
c.       Artikel halaman opini
Artikel halaman opini lazim ditemukan pada halaman khusus opini bersama tulisan opini yang lain yakni tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom dan surat pembaca. Artikel opini mengupas suatu masalah secara serius dan tuntas dengan merujuk pada pendekatan analitis akademis. Sifatnya relatif berat. Karena itulah, artikel opini kerap ditulis oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian atau pengalaman mamadai di bidangnya masing-masing.
d.      Artikel analisis ahli atau artikel spesial
Artikel analisis ahli biasa kita temukan pada halaman muka, halaman-halaman berita atau halaman dan rubrik-rubrik khusus tertentu. Sesuai dengan namanya, artikel jenis ini ditulis oleh para ahli atau para pakar di bidangnya dalam bahasa yang populer dan komunikatif. Artikel analisis ahli mengupas secara tajam dan mendalam suatu persoalan yang sedang menjadi sorotan dan bahan pembicaraan hangat masyarakat. Topik yang dibahas macam-macam, seperti ekonomi, politik, pendidikan, sosial, agama, budaya, industri, iptek.
Beberapa surat kabar besar di Indonesia menyediakan ruangan khusus untuk artikel analsis ahli ini, tujuannya adalah mendekatkan pokok masalah yang sedang disorot dalam berita sebagai suatu persoalan yang mengandung pertanyaan. (Haris Sumadiria, 2006, PP. 11-14).
Artikel khusus atau spesial ditulis sepenuhnya atas inisiatif para penulis dari “orang luar”. Banyak juga yang menyebutkan dengan artikel opini. Artikel ini merupakan sumbangan artikel dengan topik-topik spesial. Maksudnya adalah spesial bidang keahlian penulisnya.
Ada penulis yang khusus menulis masalah ekonomi karena ia merupakan ekonom, lalu untuk masalah politik ditulis oleh politikus atau pakar politik; masalah hukum ditulis oleh ahli hukum (pengacara, jaksa, hakim); masalah budaya ditulis oleh budayawan; masalah teknologi ditulis oleh sarjana teknologi; masalah agama ditulis oleh ulama atau sarjana teologi; demikian seterusnya.
Prinsip dasar artikel spesial tidak berbeda dengan tajuk rencana. Hanya saja tajuk rencana harus lebih singkat dan pendek, sedangkan artikel spesial bisa lebih panjang seperti juga kolom. Artikel spesial ini jarang memakai unsur humor, satire dan parodi, walau sebenarnya itu juga dimungkinkan selama masih dalam batasan yang dimungkinkan dan tidak berlebihan. Oleh karena itu artikel spesial ini banyak diisi oleh kalangan pakar dan praktisi dibidang tertentu. (Setia Willing Barus. 2010, P. 152).
            Syarat Jadi Penulis Artikel
Seorang calon penulis artikel harus memiliki lima kemampuan sebagai modal dasar untuk dapat mengembangkan minat, bakat, motivasi dan tekad dirinya untuk menjadi untuk menjadi penulis atau kolumnis profesional dalam waktu tak terlalu lama. Kelima syarat ini bisa disebut juga sebagai “rukun iman” yang harus diyakini siapapun yang ingin menjadi penulis berkualitas dan ternama. Kelima syarat itu yaitu: 1. Teknikal 2. Mental 3. Reading-habit 4. Intelektual 5. Sosiokultural.
     a.       Teknikal
Teknikal, menunjuk pada kemampuan menggunakan atau mengoperasikan peralatan kerja yang diperlukan seperti mesin tik, komputer, laptop, notebook, desk noot, atau email (surat elektronik, elektronik email).

     b.      Mental
Mental, menunjuk pada tekad, semangat dan kemauan keras untuk terus belajar dengan disertai sikap pantang menyerah. Tahan banting. Mental baja. Menulis bukanlah pekerjaan seperti main sulap yang hanya dengan mengucap sim salabim semuanya langsung sudah tersedia seketika didepan mata. Menulis adalah pekerjaan kreatif yang mengganbungkan tiga kemampuan sekaligus: ilmu, seni dan keterampilan.
     c.       Reading habit
Reading-habit, menunjuk pada kebiasaan dan budaya baca sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Penulis yang kreatif dan produktif adalah pembaca yang produkif pula. Setiap hari dia meluangkan waktu untuk membaca sedikitnya tiga jam. Untuk menjadi pembaca yang baik, maka kita harus senantiasa haus informasi. Kita harus memiliki rasa selalu ingin tahu (curiosity).
    d.      Intelektual
Intelektual, berkaitan dengan visi akademis, daya nalar, wawasan ilmu pengetahuan, serta kemampuan dalam menyajikan tulisan secara logis, sistematis dan analitis dengan didukung oleh referensi yang relevan, aktual dan representatif. Seorang intelektual akan senantiasa bersikap rasional dan referensial. Dia akan menghindari berbagai pendekatan yang emosional apalagi yang bersifat mistikal. Sebagai seorang intelektual, seorang penulis akan senantiasa berusaha untuk mengedepankan visi dan sikap sebagai seorang terpelajar, rasional, referensial, kritis, demokratis, berjiwa besar, dewasa, bijak.
    e.       Sosiokultural
Sosiokultural, berkaitan dengan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial termasuk menjalin komunikasi dengan pihak media massa. Seorang penulis haruslah supel, pandai bergaul, bisa menyesuaikan diri, diterima oleh siapa saja, akrab dengan siapa saja, populis, jujur, terbuka, tampil sebagai pribadi menyenangkan, rendah hati. (Haris Sumadiria, 2005PP 14-17).

    B.     ESAI ( DU )
Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya. Esai dapat disusun berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut: 
    a.       Pembahasan tidak sampai pada penyelesaian atau jalan keluar sebagai saran penulis kepada pembaca atau kepada pihak-pihak yang terlibat dalam permasalahan.
   b.      Objek pembahasan esai meliputi permasalahan aktual yang sedang menjadi pembicaraan masyarakat dalam berbagai bidang, misalnya: ekonomi, politik, sosial, kebudayaan, pemerintahan atau ketatanegaraan.
      c.       Penggunaan bahasa dalam penulisan esai bersifat khas sesuai dengan gaya setiap penulisnya dan tidak harus selalu berdasarkan tata bahasa baku.
    d.      Pembahasan permasalahan didasarkan pada pendapat pribadi penulis sehinga fakta, bukti dan alasan yang disajikan harus mendukung pendapat tersebut.
   e.       Penulisan bahasa meyakinkan pembaca tentang kebenaran pendapat yang disajikan melalui ilustrasi-ilustrasi pendukung.
Media yang dipakai untuk menyajikan esai sama dengan tajuk rencana atau artikel, yaitu surat kabar dan majalah. Ketiganya mempunyai kesamaan dalam gaya penyajian kepada masyarakat sehingga karya tulis ini dibaca, dipelajari dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Meskipun ketiga karya tulis mempunyai kesamaan, tetapi ada juga perbedaannya. Lihat tabel dibawah ini:



perbedaan
artikel
Tajuk rencana
esai
Isi
Pembahasan tentang ilmu pengetahuan (karya tulis ilmiah populer)
Penyajian pendapat penulis berdasarkan fakta atau data tentang peristiwa
Penyajian pendapat pribadi penulis sebagai kesan terhadap peristiwa atau permasalahan
Bahasa
Sesuai dengan tata bahasa baku (EYD)
Sesuai dengan tata bahasa baku (EYD)
Bahasa khas, komunikatif, sesuai dengan gaya penulis, dan tidak harus taat pada kaidah kebahasaan
Penulis
Orang yang ahli dalam   bidang pengetahuan yang ditulis
Wartawan senior atau   editor dalam penerbitan
Semua pihak dari semua kalangan
penutup
Berupa ringkasan, kesimpulan atau penegasan terhadap materi pembahasan
Berupa saran, anjuran   atau ajakan kepada pembaca dan pihak-pihak yang terlibat dalam permalahan
Berupa penguatan terhadap pernyataan penulis

1.      Penggolongan Esai
Penggolongan jenis esai dapat ditinjau dari bentuk dan tujuannya. Berdasarkan bentuknya, esai digolongkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
    a.       Esai formal, adalah yang disusun sesuai dengan tata aturan penulisan wacana konvensional yang lengkap, runtut dan sistematis (pembukaan, isi dan penutup).
   b.      Esai informal, adalah esai yang disusun secara inkonvensional. Penulis tidak mengutamakan kelengkapan dan keruntutan materi sajian, tetapi lebih mengutamakan ekspresi (pengungkapan) kesan terhadap peristiwa atau permasalahan.
Berdasarkan tujuannya, esai digolongkan menjadi tiga yaitu sebagai berikut:
   a.       Esai kritik adalah esai yang mengutamakan penyampaian koreksi, saran atau perbaikan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa/ permasalahan. Kritik muncul karena rasa kecewa terhadap peristiwa yang terjadi berbeda dengan harapannya.
   b.      Esai cerita adalah esai yang mengutamakan pembahasan pada penggambaran peristiwa mengikuti kronologis waktu. Penulis membawa pembaca larut dalam cerita sehingga seolah-olah pembaca melihat dan mengalami sendiri peristiwa tersebut.
   c.       Esai argumentatif adalah esai yang mengutamakan pembahasan pada penyajian pendapat penulis disertai alasan kuat dan masuk akal. Penulis menyertakan bukti berupa contoh dan ilustrasi untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pendapat yang disajikan.
2.      Menyunting Esai
Menyunting atau mengedit esai merupakan tahap perbaikan terhadap penyajian gagasan dalam esai. Perbaikan tersebut terutama pada kejelasan kalimat, kelogisan penyampaian gagasan, pilihan kata serta penggunaan ejaan dan tanda baca (EYD). (Sri Sutarni & Sukardi. 2008, PP, 146-149)


DAFTAR PUSTAKA

Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik; Petunjuk Teknis Menulis Berita, (Jakarta: Erlangga)
Kusumaningrat, Kusumaningrat. 2006. Jurnalistik Teori & Praktik, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Rolnicki, Tom E. 2008. Pengantar Dasar Jurnalisme “Scholastic Journalism”. (Jakarta: Prenada Media Group).
Sumadiria, Haris. 2006. Jusnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media)
Sumadiria, Haris. 2005. Menulis Artikel Dan Tajuk Rencana Panduan Praktik Menulis Dan Jurnalis Profesional. (Bandung: Simbiosa Rekatama Media).

Sutarni, Sri & Sukardi. 2008. Bahasa Indonesia 3; SMA Kelas XII, (Jakarta: Perpustakaan Nasional).
Share on Google Plus

About Dhiya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment