RESUME 'Kunci Sukses bagi Generasi Muda'


Kunci Sukses bagi Generasi Muda

Resume Oleh : Dhiya Urahman
(Mahasiswa Let 2014 Jurusan KPI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

MASA muda adalah masa-masa paling menentukan bagi masa depan seseorang. Biasanya pada masa muda seseorang memiliki waktu luang yang cukup, kebugaran dan kesehatan prima, daya ingat yang prima dan sejumlah keunggulan lainnya. Rasulullah saw memesankan kepada umatnya untuk menjaga masa muda sebelum datangnya penyesalan di waktu tua.

Terdapat banyak faktor dalam kesuksesan seseorang. Kesuksesan disini dibatasi pada mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja yang ujungnya mandiri secara ekonomi.

Unsur Terpenting
Terdapat 3 plus 1 unsur penting dalam meraih kesuksesan yaitu :
Pertama, Cerdas. Cerdas berbeda maknanya dari pandai atau pintar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “pandai” mempunyai makna cepat menangkap pelajaran dan mengerti. Sementara “cerdas” bermakna sempurna perkembangan akal budinya untuk berfikir, mengerti dan sebagainya. Orang cerdas sudah pasti pandai atau pintar. Pada ornag cerdas terdapat kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.
Cerdas dan pandai pada dasarnya adalah sifat bawaan sejak lahir, akan tetapi keduanya dapat dilatih secara sistematis sejak kecil.

Kedua, Gigih. Gigih adalah suatu sikap yang teguh pada pendirian, pantang menyerah, tidak goyang oleh berbagai cobaan sampai pelakunya berhasil menggapai suatu keinginan atau ambisi. Dalam agama Islam istilah yang mendekati gigih adalah istiqamah.

Ketiga, Akhlak. Unsur lainya yang manjadi penentu kesuksesan bagi generasi muda adalah akhlak (karakter, perangai, etika). Cerdas yang tidak disertai etika akan menjadi masalah. Dalam hidup ini manusia saling berhubungan dengan orang lain. Orang cerdas dan terampil tapi tidak beretika dipastikan tidka disenangi oleh orang lain. Ketika tidak disenangi, maka yang bersangkutan akan sulit mendapatkan pekerjaan, apalagi kerja dalam sebuah tim.

Keempat, Relasi. Relasi bukanlah sebagai unsur utama yang menjadi penentu sukses. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa relasi kerap berpengaruh dalam kesuksesan seseorang. Relasi mempunyai peran penting dalm menyampaikan informasi dan terkadang menjadi pertimbangan khusus dalam penentuan kelulusan kerja.

Menjalin Kemitraan
Para pemuda yang duduk di bangku kuliah perlu menjalin kemitraan dengan dosen, ketua jurusan, dekan hingga rektor. Tidak hanya itu, jalan pertemanan juga terbuka lebar ke luar kampus melalui kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler, magang, Kuliah Perkuliahan Masyarakat (KPM) dan sebagainya. Bagi kalangan yang bervisi jauh niscaya senantiasa menjalin komunikasi dan kemitraan dengan orang-orang penting yang sudah dikenalnya.

Dari beberapa unsur terpenting diatas, kita selaku generasi muda dituntut untuk mempersiapkan diri agar siap bersaing dengan dunia yang lebih luas. Disinilah fungsi relasi yang kita bangun semasa duduk di bangku kuliah, jalinan kemitraan akan semakin anda butuhkan saat berada diluar (dunia persaingan).

Tulisan diatas adalah karya Hasan Basri M. Nur
Dosen Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Share on Google Plus

About Dhiya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment