Cegah Virus Corona, Lakukan 14 Langkah ini

Foto : Google
Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui sekalipun.

Untuk mencegah Virus tersebut ada 14 aturan yang baiknya diterapkan dalam hidup kita.

Foto : Documen pribadi

1. Jaga Tangan
Setiap setelah menyentuh atau melakukan kegiatan apapun, sebaiknya tangan dicuci dengan air dan sabun dengan bersih.

2. Jaga Jarak
Sebaiknya dalam kondisi seperti ini,  anda harus menjaga jarak dengan orang lain.  Misalnya orang keluar rumah kemudian masuk ke rumah atau bertemu dijalan dan lain sebagainya. 

Terutama dengan bayi, atau balita anda harus benar-benar memastikan diri anda bersih tangan,  mulut dan lainnya setelah semua aman silahkan sentuh si bayi.

3. Hawa/ Udara Segar
Selanjutnya adalah Udara segar, pastikan ruangan disetiap rumah anda udaranya segar dan jendela dibuka. Namun jika suhunya dingin silahkan dibuka setiap 2 jam, dibuka selama 5 menit atau dikondisikan.

4.  Mesin Cuci
Bagi anda yang menggunakan mesin cuci,  baiknya anda memakai suhu 60-90 C° saat mesin cuci bekerja.

Kemudian detergen pakai secara normal, pakai seperti hari biasanya.

5. Masker
Setiap anda keluar rumah pastikan anda menggunakan masker. Masker sangat membantu mencegah Virus Corona masuk ke lubang pernafasan.

Jika badan ada gejala panas,  bersin-bersin,  tarik nafas agak susah, silahkan periksa ke dokter. Tapi yang terpenting adalah anda jangan panik, tetap santai dan santui.

6. Jangan Pegang Mukut/ Hidung
Pastikan anda mengurangi menyentuk Hidung  dan Mulut.

Virus ini masuk dari mulut dan hidung yaitu dari saluran pernafasan manusia. Bahayanya lagi anda menyentuhnya dengan tangan yang kotor dan belum dicuci.  Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

7. Berdiam Dirumah
Perjalan pulang dari rumah kerabat sebaiknya anda menghabiskan 14 hari pertama di rumah. Cek kesehatan,  lihat gejala,  jika terdapat beberapa cirinya segera cek ke Dokter.

8. Lap Sekali Pakai
Tutup mulut dan hidung dengan lap sekali pakai selama batuk atau penahanan, gunakan bagian dalam siku jika tidak ada sapu tangan.

9. Luar Negeri
Membatalkan atau menunda perjalanan ke luar negeri.

Hal ini disebabkan karena virus Corona yang sudah menyebar dimana-mana.  Sebaiknya anda fokus dengan kondisi kesehatan dan menjaga juga memotivasi keluarga anda agar tetap mencegah  virus Corona.

10. Bersihkan Beberapa Alat
Bersihkan setiap hari dengan air dan deterjen dengan permukaan yang sering Anda gunakan, seperti gagang pintu, perlengkapan, wastafel.

11. Bersalaman
Kurangi bersalaman,  atau setelah bersalaman, pastikan anda mencuci tangan dengan bersih.

12. Kurangi Kontak Langsung
Jika Anda memiliki gejala dingin, jangan ada kontak langsung dengan pasien tua dan kronis. Jangan pergi ke luar tanpa memakai masker.

13. Selimut dan Benda Lainnya
Pastikan selimut dan benda yang setiap hari anda gunakan, tidak dipakai orang lain kemudian anda pakai kembali, sebaiknya ini dihindari. Begitu juga dengan barang pribadi anda lainnya. 

14. Perbanyak Minum Air
Tidak hanya dalam kondisi seperti ini kita diharuskan banyak meminum air dalam situasi biasa saja kita juga harus banyak minum air.

Tidak dipungkiri kita terkadang lupa, atau bahkan mengabaikannya.  Pekerjaan yang simple tidak susah tapi disepelekan, ini yang sering terjadi pada kita.

Bahagian yang terakhir ini memang harus anda lakukan dan tidak boleh lupa. Minum air dapat melancarkan tergorokan dan beberapa manfaat lainnya.

Semoga kita semua dapat mencegah Virus Corona dengan menerapan beberapa anjuran diatas dan mengusahakan untuk hidup sehat.
Share on Google Plus

About Dhiya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment