Ini dia, konsep pidato agar mudah saat tampil didepan umum

Berbebicara mengenai pidato, pasti tidak akan terlepas dengan konsep atau metode yang akan kita siapkan dan pakai nanti. Ada beberapa konsep yang akan penulis bagikan :

1. Latar Belakang

a.  Latar belakan masalah, bagiam ini kita membahas mengenai latar belakang masalah yang akan kita bahas atau gambaran secara umu mengenai masalah yang akan kita kupas.
b. Gambaran masalah, sebenarnya bagian ini hampir sama dengan Latar belakan masalah, jadi tinggal anda sesuaikan saja.
c. penjelasan masalah, setelah anda jabarkan mengenai masalah yang akan anda papar kan, anda juga perlu menjelaskan malalah anda dengan spesifik.

2. Isi
isi adalah bagian terpenting dalam pidato. isilah yang akan annda jelaskan nantinya, maka jangan asal memilih isi, tapi anda juga harus melihat konteks tempat anda berdakwah. kenapa? agar pembahasan yang anda sampaikan senada dengan kejadian yang sedang heboh disekitar, misalkan dikampung A sedang heboh mengenai politik, anda tinggal mengolah bahan yang berhubungan dengan politik misalnya "cara Rasulullah berpolitik" dan masih banyak lainnya. hal tersebut tidak tabu dan anda tidak di cap ketinggalan informasi.

3. Penjelasan
jelas anda harus menjelaskan isi dari pidato, anda tidak perlu menjelaskan secara bertele-tele cukup fokus pada isi pidato, jangan terlalu jauh mengambang karena akan membuat mad'u bosan tapi buatlah mad'u tertarik kepada anda, dan itu bisa terjadi pada menit pertama anda naik di mimbar.

4. Kesimpulan
setelah anda menjelaskan panjang lebar mengenai isi kemudian anda menyimpulkan dari pesan pidato anda, kenapa ? supaya pendengar bisa menarik kesimpulan dari pidato anda. memang sebagian pendengar bisa menarik kesimpulan dari pidato yang dia dengar, namun tidak semua kan!
nah, disanalah peran anda menyimpulkan pesan pidato. 

selamat mencoba.
semoga tulisan diatas dapat membantu anda, tidak membantu banyak. ya ! sedikit.


Share on Google Plus

About Dhiya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment